Saturday 7 November 2015

BAB I -- Penerapan Metode Mengajar Non-Directive Pada pembelajaran Fisika di SMP Negeri 5 Kelas V11 Banda Aceh

pembelajaran yang inovatif dan kreatif kepada siswa dan guru. Salah satu metode pembelajaran yang inovatif dan menempatkan siswa sebagai subjek belajar yang aktif yaitu metode Non-directive.
Menurut Roestiyah (2001: 156) menjelaskan,
Metode mengajar non-directive adalah suatu metode yang dikembangkan untuk membuat pendidikan menjadi suatu proses yang aktif bukan pasif, cara  mengajar ini dilakukan agar para siswa mampu melakukan observasi mereka sendiri dan berpikir sendiri, juga untuk meransang para siswa agar berani dan mampu menyatakan dirinya sendiri dengan aktif bukan pendengar yang pasif terhadap sesuatu yang dikatakan oleh guru.”

Dalam penerapan metode non-directive kemungkinan guru hanya memberi permasalahan yang merangsang proses belajar berpikir siswa, sehingga objek belajar ini berkembang sesuai dengan yang diharapkan, dengan demikian siswa dapat menemukan sendiri pengetahuan yang digalinya, aktif berfikir dan menyusun pengertian yang baik.
Pembelajaran fisika dengan menerapkan model non-directive diharapkan dapat mengembangkan kemampuan yang dapat diandalkan untuk belajar mandiri, hal ini disebabkan penggunaan metode non-directive melibatkan siswa dalam melakukan observasi pada objek pelajaran, menganalisa fakta yang dihadapi, menyimpulkan sendiri hasil pengamatanya, menjelaskan apa yang ditemukan, membandingkan dengan fakta lain, membaca dan mencoba sendiri, agar anak dapat belajar sendiri.
Berdasarkan uraian di atas, untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran fisika dengan indikasi bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa sangatlah dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan. Atas dasar itu penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode non-directive. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah aktivitas guru dan siswa dapat mencerminkan penerapan metode non-directive pada pembelajaran fisika di SMP Negeri 5 Banda Aceh. Judul penelitian ini adalah”Penerapan Metode Mengajar Non-Directive Pada pembelajaran Fisika di SMP Negeri 5  Kelas V11 Banda Aceh

I.2  Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian dan latar belakang masalah, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
  1. Apakah aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar fisika mencerminkan metode pembelajaran Non-Directive.
  2. Bagaimana ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran Non- directive dalam proses belajar mengajar.
  3. Bagaimana respon siswa terhadap metode pembelajaran Non-Directive.

I.3  Tujuan Penelitian
       Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka tujuan penelitian ini adalah :
a.        Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan metode pembelajaraan non-directive
b.        Untuk mendiskripsikan ketrampilan guru dalam mengelola metode pembelajaran Non-Directive dalam proses belajar mengajar.
c.        Untuk mengetahui respon siswa dalam penerapan metode pembelajaran non-directive.

No comments:

Post a Comment